BudayaDaerahKampusKota Samarinda

UKM Teater Iqra` UINSI Samarinda, Gelar Pentas Apik Berjudul Lani

541
×

UKM Teater Iqra` UINSI Samarinda, Gelar Pentas Apik Berjudul Lani

Sebarkan artikel ini

SENTRALKALTIM.id Samarinda – Pada Sabtu 11 Mei 2024,  bertempat di ruangan Auditorium kampus 1 – UKM Teater Iqra’ UINSI Samarinda mengelar pentas tahunan berjudul Lani. Naskah apik ini ditulis oleh Elly Kartika Sari selaku pembina UKM.

Mengangkat kisah mahasiswi yang mengalami gangguan kesehatan mental. Lani menjalani hari-harinya dengan penuh perjuangan berperang melawan emosinya, berhalusinasi yang membuat hubungannya dengan temannya terganggu.

Khayalan Lani membuat dia semakin depresi sehingga memilih mengakhiri hidupnya. Ibunya sangat terpukul dan menyalahkan depresi Lani akibat perpisahan dia dengan ayah Lani. Mengharuskan Lani berjuang untuk menjadi kuat dan mandiri karena harus hidup tanpa seorang ayah yang menemani mereka.

Naskah ini ditulis memiliki banyak pesan moril kepada anak muda.

Misalnya, Indonesia adalah termasuk negara dengan rendahnya peran ayah dalam kehidupan rumah tangga. Disebut juga dengan fatherless.

“Sosok ayah itu penting untuk pertumbuhan anak, terutama anak perempuan,” ujar penulis naskah.

Jika ada masalah tidak boleh dipendam sendiri, tidak seperti Lani yang memendam masalahnya sendiri. Dan bunuh diri bukan solusi.

“Kami menggambarkan roh yang tidak tau jalan pulangnya sebagai solusi buruk bunuh diri, karena itu jalan yang tidak baik” sambung Elly.

Penulis naskah mengapresiasi peran para aktor yang memainkan lakon Lani ini. Mereka memainkan dengan apik dan membuat penonton terenyuh haru. Naskah digarap seluruhnya oleh anggota teater Iqra’ yang aktif. Mulai sutradara hingga penata panggung digarap dengan serius.

“Kami persiapkan ini jauh-jauh hari, kurang lebih 5 bulan sebelumnya,” kata Faktur selaku pimpinan produksi.

Mereka membatasi penonton hanya 200 tiket mengingat kapasitas gedung. Harapannya adalah semoga pementasan ini pesan morilnya tersampaikan kepada penonton. Penonton menikmati pementasan, karya Iqra’ dikenal banyak orang, dan semakin sukses memajukan kesenian kampus sehingga mengharumkan nama kampus UINSI di bidang kesenian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *