DaerahNasional

Gelar Upacara 17 Agustus Di IKN, Ini Harga Tiket ke Balikpapan

117
×

Gelar Upacara 17 Agustus Di IKN, Ini Harga Tiket ke Balikpapan

Sebarkan artikel ini

SENTRALKALTIM.id Balikpapan – kabar Sejumlah menteri menyampaikan kesiapan Ibu Kota Negara (IKN) untuk menggelar upacara 17 Agustus 2024. Kepoin dulu yuk harga tiket ke bandara terdekat, Bandara Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Kemudian, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Bapak Luhut Binsar Pandjaitan optimistis bakal menyeleggarakan upacara Hari Ulang Tahun RI Ke-79 pada 17 Agustus 2024 bisa digelar di IKN, tepatnya di lapangan upacara di depan Istana Negara IKN. Dia merujuk kesiapan infrastruktur fisik yang sudah mencapai 80 persen.

“Ya, yang tadi ada yang pending-pending, kalau jalan tol hampir semua selesai dan 17 Agustus upacara bisa dilakukan di sini. Kalau ada jalan kurang bagus saya kira itu bisa berproses. 80% sudah bisa selesai untuk 17 Agustus ini dan bakal semuanya berjalan dengan baik,” kata Luhut saat mengecek proyek IKN di Penajem Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (7/5/2024)

Lanjutnya, Luhut juga meninjau Tol IKN Segmen 3A dan 3B melalui udara, lalu dilanjutkan meninjau Tol IKN Segmen 5A, Dermaga Logistik IKN, serta Bandara VVIP IKN melalui jalur darat. Kemudian  Dia menyatakan bandara IKN bisa didarati dan mengakomodasi tiga pesawat pada 17 Agustus.

“Tapi untuk selesai kira-kira satu tahun lagi selesai,” ujar Luhut.

Kemudian, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, juga mengungkapkan kesiapan IKN menyambut Upacara 17 Agustus. Dia menyoroti pasokan air minum dan jalan tol.

“Pipa sudah tersambung sampai reservoir. Nanti dari IPA, air akan dipompa ke sini (reservoir) dalam bentuk air minum 2 x 6.000 meter kubik untuk kebutuhan air IKN di bawah,” kata Basuki di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN pada Senin (6/5).

Pada Februari 2024, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Bambang Susantono, juga memastikan sebanyak 200 kamar hotel siap pada 17 Agustus 2024. Ia menambahkan bakal ada dua hotel yang siap pakai pada saat upacara 17 Agustus

“Kira-kira 200 kamar akan tersedia nanti pada 17 Agustus. Ada 2 hotel yang akan tersedia di 17 Agustus,” kata Bambang Susanto dalam Seminar Masa Depan Pasca IKN.

Hotel-hotel yang direncanakan bisa beroperasi pada Agustus nanti merupakan hasil investasi pihak swasta, salah satunya adalah Konsorsium Nusantara yang membangun Hotel Nusantara.

Harga Tiket Pesawat Jakarta – Balikpapan

Sama seperti dalam upacara 17 Agustus tahun sebelumnya, upacara 17 Agustus 2024 di IKN juga bisa diikuti oleh warga, tetapi jumlahnya lebih sedikit.

Menteri Sekretaris negara Pratikno, mengatakan upacara itu akan diikuti oleh 2.800 peserta upacara dan undangan. Undangan terdiri dari kelompok pejabat pusat, pejabat daerah dan warga setempat atau dari daerah lain. Tetapi, belum ada keterangan tentang cara mendapatkan undangan untuk mengikuti upacara 17 Agustus itu.

Dikutip dari Antara, Silvia Halim, deputi Sarana dan Prasarana IKN, menyebut menyiapkan Balikpapan dan Samarinda untuk sebagai gerbang masuk IKN saat upacara 17 Agustus 2024 itu.

Nah, untuk traveler bisa memperkirakan bujet ke IKN jika nanti upacara 17 Agustus 2024 pada HUT RI ke-79 benar-benar dilakukan seperti di Istana Merdeka, ada ‘war’ untuk mendapatkan undangan.

Merujuk agen travel online, harga tiket pesawat pada 15 atau 16 Agustus 2024 tidak terlalu jauh berbeda dengan hari lain. Yakni, berkisar Rp 1,7 juta hingga Rp 2,4 juta tanpa transit.

Harga tiket penerbangan balik, dari Balikpapan ke Jakarta, juga tidak jauh berbeda.

Sementara itu, jika terbang dari Jakarta ke Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto Samarinda, harga berkisar Rp 1,9 juta sampai Rp 2,5 juta.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *