DaerahKota Balikpapan

Jelang Pilkada 2024, Polda Kaltim Bersinergi Bersama Media Perangi Hoax

491
×

Jelang Pilkada 2024, Polda Kaltim Bersinergi Bersama Media Perangi Hoax

Sebarkan artikel ini
Kombes Pol Artanto didampingi Kasi Humas Polda Kaltim AKBP I Nyoman Wijana

SENTRALKALTIM.id, Balikpapan – Dalam memastikan keamanan serta penyebarluasan berita Hoax di Media sosial, Jajaran Polda Kaltim memberi pembekalan peliputan kegiatan pengamanan, dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.

Untuk Kegiatan yang dikemas melalui diskusi bersama awak media itu, dilaksanakan di Kafe Analogy, kawasan Pasar Baru Balikpapan, Kamis (27/6/2024).

Dalam hal ini, Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Artanto mengatakan, media massa menjadi ujung tombak pemberian informasi yang akurat dan terpercaya, kepada masyarakat.

“Berita yang bagus, yang memberikan fakta dan dapat mengedukasi masyarakat, itu yang diharapkan,” ujar Kombes Pol Artanto, ditemui di sela-sela kegiatan.

Kemudian oleh sebab itu, Polda Kaltim mengajak para awak media bertemu dan menyatukan persepsi terkait upaya menyukseskan Pilkada 2024.

Serta ia menjelaskan, kepolisian turut mendapat peran penting dalam momen Pilkada, yakni memberikan pelayanan pengamanan agar Pilkada berjalan aman, nyaman dan lancar.

Kombes Pol Artanto turut menyampaikan langkah-langkah Polda Kaltim dalam memitigasi peredaran berita hoax dan rasisme jelang Pilkada, yang akan dilaksanakan 27 November 2024, mendatang.

“Pada prinsipnya setiap kampanye itu akan ada indikasi demikian. Namun jangan melepaskan begitu saja, harus berupaya mengeliminasi permasalahan tersebut. Harus dikurangi,” tegasnya.

Lebih jauh, ia menerangkan pentingnya edukasi Pilkada melalui penyampaian berbagai literasi yang benar, kepada masyarakat.

Serta inilah peran media untuk menyampaikan kepada masyarakat.

“Tentunya sumber informasi, atau yang berperan dalam hal ini humas kepolisian, dapat menyampaikan item-item atau tema yang dapat memberikan masukan kepada masyarakat,” katanya.

Sehingga dalam melalui sinergi pihak berwajib bersama media massa, maka diharapkan masyarakat mendapat literasi yang membangun suasana kondusif.

“Apalagi zaman sekarang, media sosial sangat terbuka, dan informasi yang bisa menyaring, adalah pribadi netizen tersebut.

Kalau netizen kuat dalam literasi digital, ya Alhamdulillah,” ucapnya.

Ia juga mengatakan, Polda Kaltim akan terus memantau isu yang berkembang, baik di dunia maya maupun di lingkungan masyarakat, agar Pilkada tahun 2024 benar-benar bisa berjalan, seperti yang diharapkan.

“Tentunya kami sudah mempersiapkan tim siber, patroli siber akan dimaksimalkan,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!