AdvertorialDaerah

Pj Gubernur Kaltim ; Paparkan Komitmen Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Paritrana Award 2024

37
×

Pj Gubernur Kaltim ; Paparkan Komitmen Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Paritrana Award 2024

Sebarkan artikel ini

SENTRALKALTIM.id, SamarindaPenjabat (Pj) Gubernur Kaltim Dr. Akmal Malik, bersama dengan Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, Rozani Erawadi dan Kepala Biro Kesra Setprov Kaltim, Dasmiah, turut memberi penjelasan dalam wawancara nasional mengenai penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) Paritrana Award tahun 2024 secara daring, Jumat (26/4/2024).

Pj gubernur Akmal Malik menjelaskan bahwa pada tahun 2023, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur telah menetapkan dua komitmen signifikan dalam meningkatkan Universal Coverage Jamsostek (UCJ), yang meliputi penerbitan regulasi dan perlindungan bagi pekerja rentan. Kedua komitmen tersebut telah berhasil terlaksana.

“Pada tanggal 13 Juni 2023, Pergub 19/2023 tentang penyelenggaraan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan resmi diterbitkan, dan dilanjutkan dengan peluncuran perlindungan bagi 100.000 Pekerja Rentan pada 5 Juli 2023,” ungkapnya.

Menurutnya, kepastian hukum tersebut telah berdampak positif terhadap peningkatan jaminan pekerja di Provinsi Kaltim.

Dalam rentang waktu Januari hingga Desember 2023, terjadi peningkatan signifikan jumlah tenaga kerja yang tercakup dalam UCJ, meningkat dari 686.897 menjadi 837.154, atau sebesar 14,23%.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai, Diana Prapto Raharjo, memberikan apresiasi atas kejelasan dan informativitas yang disampaikan oleh Pj Gubernur Akmal Malik selama sesi wawancara

Kami sangat mengapresiasi kejelasan dan informativitas yang disampaikan oleh Penjabat Gubernur Akmal Malik. Semoga sukses selalu,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *